Touring Pegawai KPPN Liwa ke Danau Ranau

IMG_1354_2

KPPNLIWA.ORG, LAMPUNG BARAT – Kamis, 21 September 2017, bertepatan dengan hari Libur Nasional Tahun Baru Islam, pegawai KPPN Liwa menyelenggarakan acara touring dari Liwa ke Danau Ranau. Acara tersebut diikuti oleh beberapa pegawai KPPN Liwa diantaranya Kepala KPPN Liwa Dani Ramdani, Kepala Seksi Bank, Darso Widodo, dan para pelaksana KPPN Liwa yaitu Anggiat, Dhomas, Baihaqi, dan Taufik.

 

Danau Ranau sendiri terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Dengan Luas 125 km2, danau ini merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Di tengah danau terdapat Pulau Marisa, dimana di pulau tersebut menjulang tinggi Gunung Seminung. Di pulau tersebut juga terdapat sumber air panas yang sering dikunjungi penduduk setempat ataupun wisatawan yang datang ke Danau Ranau. Danau ini juga menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Ogan Komerung Ulu Selatan. Ada tiga tempat tujuan utama bagi para pengunjung Danau Ranau, yaitu Wisma PT Pusri (Sumatera Selatan), Pantai Sinangkalan (Sumatera Selatan) dan Kawasan Wisata Lombok (Lampung). Tempat yang akan rombongan sendiri tuju adalah Kawasan Wisata Lombok di Lampung Barat

 

Rombongan peserta touring yang menggunakan sepeda motor berangkat dari gedung KPPN Liwa pukul 08.30. Perjalanan dari Liwa menuju Kawasan Wisata Lombok, Danau Ranau yang sejauh 29 km dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam. Di tengah perjalanan rombongan sesekali berhenti untuk menunggu peserta lainya yang tertinggal atau sekedar untuk mengambil foto.

 

Sekitar pukul 09.15 rombongan mulai memasuki area Kecamatan Lombok Seminung. Tampak dari kejauhan pesona Danau Ranau yang indah yang sayang apabila tidak diabadikan. Disini, kontur jalanan mulai naik turun serta berkelok-kelok. Rombongan memutuskan untuk berhenti sejenak menikmati eloknya danau ranau dari kejauhan dan mengambil beberapa gambar untuk diabadikan.

 

Pejalanan pun dilanjutkan hingga tidak terasa rombongan pun sampai di Kawasan wisata Lombok Seminung, Danau Ranau. Tempat pertama yang kami Kunjungi di kawasan tersebut adalah Lombok Seminung Hotel and Resort yang terletak di sisi tenggara Danau Ranau. Disana kami duduk-duduk melihat keindahan danau ranau sambil menikmati secangkir kopi. Terlihat juga burung camar yang terbang rendah untuk mencari makanan.

 

Di sekitar area Lombok Seminung Hotel and resort, kami juga melihat beberapa unit bangunan yang sedang dibangun. Karena penasaran, kami pun mencari tahu informasi bangunan tersebut melalui papan informasi proyek. Dan benar saja, seperti dugaan kami bahwa proyek bangunan tersebut adalah proyek yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus Fisik Kabupaten Lampung Barat Bidang Pariwisata. Dana Alokasi Khusus Fisik sendiri mulai Tahun 2017 disalurkan melalui KPPN. Dari informasi pada sistem kami, bangunan tersebut merupakan bangunan yang nantinya akan menjadi kios cinderamata.

 

Setelah puas menikmati danau ranau dari Lombok Seminung Hotel and Resort, rombongan beranjak ke tempat lain yang masih dalam kawasan Lombok Seminung, Danau Ranau. Tempat tersebut adalah dermaga yang berada di sisi selatan Danau Ranau. Dari tempat tersebut terlihat beberapa nelayan yang sedang menjala ikan dengan perahu kecil. Beberapa orang dari rombongan mencoba berenang untuk merasakan sensasi berenang di Danau Ranau.

 

Siang pun tiba, dan tim bersiap untuk shalat dan makan siang. Rombongan makan siang di sebuah rumah makan di sekitar kawasan wisata Lombok Seminung. Menu yang disajikan sendiri adalah ikan nila. Ikan nila yang disajikan merupakan ikan dari hasil budidaya ikan di pinggiran danau ranau. Rasa ikan yang kami makan pun terhitung sangat enak .

 

Selesai makan siang kami pun bersiap untuk pulang ke Liwa, diharapkan dengan acara touring ke Danau Ranau ini, kinerja KPPN Liwa akan semakin meningkat lagi dan diharapkan dengan adanya acara ini juga semakin meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan diantara seluruh warga KPPN Liwa.

Blog Attachment

Leave us a Comment