SOSIALISASI LANGKAH – LANGKAH DAN STRATEGI MENGHADAPI AKHIR TAHUN 2017

 

KPPNLIWA.ORG, LAMPUNG BARAT – Selasa, 5 September 2017 Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Liwa mengadakan Sosialisasi terkait Perdirjen Perbendaharaan nomor PER-12/PB/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2017. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Perdirjen tentang pedoman pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran Negara pada akhir tahun anggaran diterbitkan lebih cepat, yakni pada bulan Agustus. Perbedaan tersebut terjadi karena pada tahun ini batas waktu penyampaian SPM diatur mulai dari SPM-LS kontraktual atas BAST/BAPP yang dibuat sampai dengan tanggal 31 juli 2017.

 

Acara sosialisasi diwali dengan sambutan dari Kepala KPPN Liwa Dani Ramdani. Mengingat kesempatan ini merupakan kesempatan pertama kali Kepala KPPN Liwa dapat bertatap muka dengan perwakilan seluruh satker, maka diawal sambutan Kepala KPPN Liwa terlebih dahulu memperkenalkan diri kepada para peserta sekaligus berbagi cerita tentang pengalaman beliau selama berkiprah di Ditjen Perbendaharaan. Kemudian dalam sambutannya beliau juga mengingatkan agar para peserta mengikuti sosialisasi dengan baik, dan mencatat serta mematuhi batas-batas waktu penyampaian dokumen. Hal ini karena pada Perdirjen Perbendaharaan tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara pada Akhir Tahun Anggaran 2017 ini tidak ada pasal yang mengatur mengenai dispensasi. Jadi apabila ada dokumen yang penyampaiannya melewati tanggal yang ditetapkan, Kepala KPPN Liwa maupun Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung tidak dapat memberikan dispensasi.

 

Acara selanjutnya diserahkan kepada Ibu Ellen Raduma yang bertindak sebagai moderator untuk materi pertama dan materi kedua. Materi pertama tentang Langkah – Langkah Akhir Tahun 2017 disampaikan oleh Aryo Wicaksono. Dalam materi tersebut disampaikan mengenai perencanaan kas, dan batas-batas waktu penyampaian RPD harian pada akhir tahun anggaran 2017. Selanjutnya juga disampaikan batas-batas waktu penyampaian SPM baik untuk LS-kontraktual, GUP, TUP dan yang lainnya. Selain itu dibahas juga mengenai pembayaran uang makan dan uang lembur untuk bulan Desember 2017 dan Pembayaran Gaji Januari 2018.

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan materi kedua tentang Jaminan Uang Muka dan Kontrak pada akhir tahun anggaran 2017 yang dibawakan oleh Didhik Susilo Utomo. Pada sesi ini dibahas mengenai Batas Waktu Pengajuan Data Kontrak dan Penerbitan Nomor Register Kontrak. Kemudian materi dilanjutkan dengan bahasan mengenai Pembayaran biaya pemeliharaan pada akhir tahun anggaran 2017. Selain itu dibahas juga hal-hal yang terkait dengan Bank Garansi.

 

Acara dilanjutkan dengan materi ketiga yang juga merupakan sesi terakhir tentang Laporan Pertanggungjawaban Bendahara dan Rekonsiliasi. Marteri ini disampaikan oleh Muhammad Taufik dengan Ahmad Baihaqi sebagai moderator. Dalam sesi ini dibahas mengenai Kedudukan dan tanggung jawab bendahara. Kemudian dibahas juga mengenai CMS (cash management system) yaitu integerasi rekening Bendahara Pengeluran dengan sisten Internet Banking. Terakhir disampaikan juga mengenai Batas waktu Rekonsiliasi dan penyampaian LPJ Bendahara untuk periode bulan Desember tahun 2017. Setelah materi ketiga acara diselingi dengan memperkenalkan website KPPN Liwa kepada satker.

 

Setelah semua materi selesai disampaikan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian apresiasi kepada para peserta yang berpartisipasi secara aktif dalam acara sosialisasi tersebut. Pemberian apresiasi ini dibawakan secara langsung oleh Kepala KPPN Liwa. Kategori peserta yang mendapatkan penghargaan antara lain, peserta yang paling antusias untuk mengikuti sosialisasi yang ditandai dengan paling pertama hadir, peserta yang paling aktif menjawab pertanyaan, peserta yang paling aktif bertanya dan beberapa kategori lainnya. Dalam souvenir doorprize juga disisipkan kampanye WBK/WBBM yang sedang dibangun oleh KPPN Liwa sekaligus permohonan dukungan dari seluruh satker mitra kerja dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Kemudian acara diakhiri dengan sesi foto bersama antara peserta sosialisasi dengan Kepala KPPN Liwa. <_Media Center KPPN Liwa_>

Blog Attachment

Leave us a Comment