“SERVICE EXCELLENT FOR HIGHER CUSTOMER SATISFACTION” KPPN LIWA GELAR PELATIHAN SERVICE EXCELLENT

Lampung Barat, kppnliwa.org – Dalam rangka meningkatkan kompetensi seluruh pegawai yang ditempatkan pada semua lini, baik pada front office, middle office, maupun back office sebagai salah satu upaya agar seluruh pegawai KPPN Liwa, khususnya petugas front office dapat memberikan layanan yang humanis kepada stakeholder, KPPN Liwa mengadakan pelatihan Service Excellent, pada Rabu, 11 September 2019 bertempat di Aula KPPN Liwa. Bekerja sama dengan Bank Mandiri KCP Liwa sebagai narasumber, kegiatan ini diikuti oleh seluruh punggawa KPPN Liwa khususnya para frontliners di KPPN Liwa dan juga para PPNPN (Tenaga security, pramubakti dan pengemudi). Kegiatan ini mengusung tema “Service excellent for higher customer satisfaction” yang berarti pelayanan terbaik untuk kepuasan pelanggan. Hal ini sejalan dengan motto KPPN Liwa yaitu “Memberikan Yang Terbaik Adalah Kebanggaan Kami”.

Kegiatan ini diisi oleh Douglas Pratama Pardede sebagai Head Teller Bank Mandiri KCP Liwa. Dalam pelaksanannya, kegiatan dimulai dengan penjelasan konsep mengenai pelayanan, bagaimana melayani agar memenuhi dan atau melampaui harapan pelanggan dari berbagai aspek baik sumber daya manusia seperti penampilan busana dan tata rias, sikap antusias dan proaktif, cepat dan cekatan dalam melayani, serta mengutamakan kepuasan pelanggan dan sarana layanan seperti counter layanan dan fasilitas lainnya di ruang layanan.

Pengembangan sumber daya manusia dalam melayani dijabarkan dengan pelayanan dalam hal penampilan diri, pelayanan di luar ruangan, pelayanan di ruang layanan, serta pelayanan telepon. Pelayanan di luar ruangan difokuskan kepada pelayanan dari para petugas keamanan yang bertugas menyambut pelanggan dari awal kedatangan dan membantu mengarahkan keperluan pelanggan. Selanjutnya pelayanan di ruang layanan bagi para petugas Front Office dan Customer Service Officer. Pada kegiatan ini diajarkan bagaimana sikap menyambut pelanggan, saat memulai layanan, saat melayani, daan saat mengakhiri layanan. Selain itu pelayanan telepon juga merupakan hal penting sehingga diajarkan pula bagaimana sikap saat menjawab telepon, meneruskan telepon, dan mengakhiri telepon. Selanjutnya diadakan role play sikap pelayanan yang baik. Role play dimainkan dengan penuh antusias oleh petugas kemanan untuk mempraktekkan pelayanan di luar ruangan, dan petugas Front Office dan Customer Service Officer untuk mempraktekkan pelayanan di ruang layanan dan pelayanan telepon.

Acara diakhiri dengan pemberian plakat ucapan terima kasih, yang diserahkan oleh Plh Kepala KPPN Liwa, Suprapto dan diterima langsung oleh Kepala Bank Mandiri Cabang Pembantu Liwa, Angga Kesuma, serta photo bersama Kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan KPPN Liwa untuk dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan. “Service excellent is the best advertising”

Blog Attachment

Leave us a Comment