MANFAATKAN MOMENTUM BULAN SUCI RAMADHAN, KPPN LIWA ADAKAN KEGIATAN PERBENDAHARAAN BERBAGI DAN KNOWING YOUR EMPLOYEE

Lampung Barat, kppnliwa.org – Bulan suci Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Bulan Ramadhan merupakan kesempatan besar sekaligus menjadi acuan khususnya bagi seluruh umat muslim untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam beribadah. Oleh karena itu, ada baiknya kita senantiasa dapat mengisi hari-hari di bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang positif serta meningkatkan kualitas ibadah dan memperbanyak amalan-amalan dengan berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Kegiatan berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan merupakan salah satu implementasi budaya organisasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan, yakni Share and Care. Membagikan sebagian rezeki yang kita punya dengan cara memberikan sedekah, merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan, utamanya di bulan Ramadhan. Harta yang dibagikan tidak akan berkurang hanya karena bersedekah. Justru bersedekah dapat membersihkan harta yang selama ini kita terima. Hal ini juga sebagai wujud kepedulian kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan.
Dalam memberi sedekah, hendaknya kita dapat mendahulukan kerabat atau orang terdekat untuk menerima sedekah atau apapun untuk kebaikan. Dalam kegiatan pekerjaan sehari-hari di kantor, kerabat terdekat pegawai KPPN Liwa adalah para Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) yang selama ini sangat membantu pekerjaan para pegawai KPPN Liwa. Para PPNPN KPPN Liwa berjumlah 7 orang yang terdiri dari pramubhakti, tenaga pengamanan (satpam), dan sopir yang telah lama bekerja di KPPN Liwa yang seluruhnya merupakan penduduk asli Liwa.
Kegiatan KPPN Liwa Berbagi merupakan salah satu bagian dari penyelenggaraan kegiatan sosial dalam rangka Hari Bhakti Perbendaharaan Tahun 2019, yakni Perbendaharaan Berbagi. Kegiatan Hari Bhakti Perbendaharaan tahun 2019 ini mengambil tema “Tingkatkan Sinergi untuk Kemakmuran Negeri”. Semangat sinergi yang digaungkan oleh kantor pusat Ditjen Perbendaharaan tidak hanya sinergi antar pegawai tetapi juga sinergi dengan melibatkan seluruh tenaga PPNPN di masing-masing kantor.

Dengan memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan, KPPN Liwa melaksanakan kegiatan Perbendaharaan Berbagi yang dimulai dari hari Selasa, 21 Mei 2019 sampai dengan hari Kamis, 23 Mei 2019. Kegiatan Perbendaharaan Berbagi yang melibatkan partisipasi seluruh pegawai KPPN Liwa ini diwujudkan dengan pemberian santunan kepada para PPNPN KPPN Liwa berupa paket sembako yang terdiri dari beras, gula, telur, minyak goreng, dan lain sebagainya. Tentunya paket sembako yang diberikan akan sangat bermanfaat khususnya dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri yang tidak lama lagi akan kita rayakan bersama. Pemberian paket sembako kepada para PPNPN KPPN Liwa berasal dari pemanfaatan dana Kotak Rupiah Berkah.

Kotak Rupiah Berkah merupakan salah satu inovasi internal KPPN Liwa yang menjadi sarana untuk berbagi dan meningkatkan kepedulian kepada sesama. KPPN Liwa menyediakan kotak berkah yang diletakkan di depan ruang Musholla KPPN Liwa. Pada setiap hari Jumat pagi. Kepala KPPN Liwa, Dani Ramdani secara rutin menyampaikan himbauan melalui group Punggawa KPPN Liwa agar seluruh pegawai menyiapkan sedeqah seikhlasnya yang akan ditampung dalam kotak rupiah berkah. kotak Rupiah Berkah ini akan diedarkan kepada seluruh pegawai untuk memudahkan para pegawai KPPN Liwa yang akan memberikan sedekah. Dana yang terkumpul pada kotak Rupiah Berkah akan dibuka bersama-sama secara rutin untuk selanjutnya uang yang terkumpul akan diberikan kepada para PPNPN dalam bentuk paket sembako yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari para PPNPN dan keluarga di rumah.

Kegiatan Perbendaharaan Berbagi dilaksanakan secara bertahap oleh kepala kantor dan seluruh pegawai KPPN Liwa dengan berkunjung ke kediaman para PPNPN pada tanggal 21 sampai dengan 23 Mei 2019. Kegiatan kunjungan ini dilaksanakan setelah selesai jam kerja agar tidak mengganggu layanan kepada para satker mitra kerja KPPN Liwa. Kunjungan dilaksanakan secara bertahap mengingat lokasi kediaman para PPNPN yang berjauhan sehingga tidak dapat selesai dalam satu hari saja. Kunjungan ke kediaman para PPNPN juga menjadi bagian dari pelaksanaan inovasi KPPN Liwa di bidang penguatan pengawasan yaitu Inovasi Deteksi Dini Khusus Integritas Pegawai 145 (DENSUS INTAI 145) salah satunya melalui program Knowing Your Employee (KYE). Program ini merupakan salah satu inovasi unggulan KPPN Liwa dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang salah satu kegiatannya adalah berupa kunjungan yang dilakukan secara langsung oleh Kepala KPPN Liwa ke tempat tinggal pegawai untuk mengetahui kewajaran dan gaya hidup pegawai dibandingkan dengan tingkat penghasilan, serta beban dan kewajiban dalam satu bulan . Kegiatan ini juga bertujuan sebagai mendeteksi atas kemungkinan terjadinya penyimpangan yang dilakukan oleh para pegawai dan PPNPN KPPN Liwa yang dapat merugikan unit organisasi dan yang lebih penting adalah dapat segera diambil langkah-langkah antisipatif untuk mencegah terjadinya fraud tersebut.

Selain membawa misi sosial, kegiatan Perbendaharaan Berbagi yang dilaksanakan oleh KPPN Liwa juga sekaligus untuk mengenal dan menjalin silaturahmi dengan keluarga PPNPN yang ada di rumah. Dalam setiap kunjungannya, Dani Ramdani selaku Kepala KPPN Liwa mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan oleh para PPNPN selama ini kepada KPPN Liwa. Dani Ramdani senantiasa berpesan kepada para PPNPN untuk dapat meningkatkan sinergi dan kinerjanya. Paket sembako yang berasal dari kotak Rupiah Berkah diberikan kepada para PPNPN dan keluarga bersamaan dengan kunjungan tersebut. Pemberian paket sembako diharapkan jangan dilihat dari sisi seberapa harga sembako yang diberikan tersebut, tetapi harap dilihat dari niat baik dan semangat dari seluruh pegawai KPPN Liwa untuk berbagi, utamanya pada bulan suci Ramadhan yang sangat diberkahi ini. Kegiatan kunjungan dan silaturahmi yang dilaksanakan oleh KPPN Liwa mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari para PPNPN dan keluarga yang ada di rumah. Para PPNPN beserta keluarga merasa sangat terharu atas perhatian yang diberikan oleh para pegawai KPPN Liwa berupa pemberian paket sembako yang dapat digunakan untuk melengkapi perayaan Hari Raya Idul Fitri. Para PPNPN beserta keluarga mengharapkan silaturahmi antara pegawai KPPN Liwa dan para PPNPN beserta keluargadapat dilaksanakan secara rutin supaya dapat terjalin silaturahmi dengan baik guna meningkatkan sinergi positif di lingkungan kantor dalam pekerjaan sehari-hari. Kegiatan Perbendaharaan Berbagi pada KPPN Liwa ditutup dengan Buka Puasa Bersama yang dilaksanakan di Aula Integritas KPPN Liwa pada hari Kamis, 23 Mei 2019 dengan turut mengundang seluruh pegawai dan para PPNPN beserta keluarga. Kegiatan informal seperti ini memang sering diadakan untuk meningkatkan keakraban antara pegawai dan PPNPN KPPN Liwa. (aryo_wicaksono)

oleh: Media Center KPPN Liwa

Blog Attachment

Leave us a Comment