KPPN LIWA SELENGGARAKAN UJIAN SERTIFIKASI BENDAHARA PERIODE III TAHUN 2019

Lampung Barat, kppnliwa.org – Untuk mendukung program pemerintah dalam rangka standarisasi kompetensi dan kemampuan bagi bendahara pengelola APBN, KPPN Liwa melaksanakan Ujian Sertifikasi Bendahara Periode III Tahun 2019 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Agustus 2019 yang bertempat di Aula Integritas KPPN Liwa. Kegiatan ini diikuti oleh 4 peserta, yang terdiri dari 3 orang Bendahara Pengeluaran satker lingkup pembayaran KPPN Liwa, yaitu Ali Akbar dari satker Diskoperindag Kab. Lampung Barat, Nur Zubaidah dari satker MTsN 1 Lambar, dan Dina Oktaria dari satker KPPN Liwa dan 1 peserta yang merupakan Bendahara Penerimaan, yaitu Eka Saputra dari satker Cabjari Lambar di Krui.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Dani Ramdani selaku Kepala KPPN Liwa. Dalam sambutannya, Dani Ramdani menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang mengikuti ujian sertifikasi Bendahara. Dan Ramdani menyampaikan juga bahwa sesuai Perpres No. 7 Tahun 2016, pada januari 2010, seluruh peserta harus telah bersertifikat. Artinya seluruh bendahara pengelola APBN harus memenuhi kualifikasi dan kompetensi yang dipersyaratkan sebagai seorang bendahara, yang dibuktikan dengan sertifikat BNT. Dani Ramdani juga menyampaikan kedudukan dan posisi bendahara ke depan. Dikatakannya bahwa Bendahara yang telah bersertifikat BNT dapat mengikuti impassing untuk menjadi jabatan fungsional. Tapi hal ini merupakan pilihan bagi bendahara yang bersangkutan. Disinggung juga, bahwa saat ini sedang dirancang regulasi yang akan mengatur mengenai grading bagi bendahara dan juga tunjangan jabatannya, yang berbeda dengan honorarium bendahara selama ini yang diberikan berdasarkan SBM.

Kegiatan ujian sertifikasi bendahara ini secara umum terbagi menjadi 2 sesi, yaitu Sesi Penyegaran (Refreshment) pada pukul 09.00 s.d. 10.30 WIB dan Sesi Ujian Sertifikasi secara online pada pukul 10.30 s.d. 12.00 WIB. Pada sesi Penyegaran (Refreshment), para peserta ujian sertifikasi bendahara diberikan materi-materi mengenai tata cara pembayaran atas beban APBN, pengelolaan UP satker, kewajiban perpajakan bendahara, serta pengujian dan pembayaran tagihan yang disampaikan oleh Ellen Raduma selaku Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker (PDMS) dan Wahyu Dwi Anggoro selaku Panitia Unit Penyelenggara Sertifikasi (UPS) KPPN Liwa. Setelah diberikan materi perbendaharaan melalui kegiatan penyegaran (refreshment), para peserta dipersilakan untuk mempersiapkan laptop yang dibawa untuk mengakses website Simserba yang menjadi sarana ujian sertifikasi secara online. Sesi ujian sertifikasi bendahara dimulai tepat pada pukul 10.30 WIB dengan dipandu oleh pengawas ujian. Para peserta ujian sertifikasi terlihat sangat antusias dalam mengerjakan ujian yang terdiri dari 60 soal pilihan ganda. Setiap soal dibaca dengan teliti supaya jawaban yang dipilihnya tepat. Soal yang ditampilkan pada ujian sertifikasi bendahara ini merupakan permasalahan sehari-hari yang ditemui oleh Bendahara Pengeluaran terkait dengan pengelolaan anggaran di lingkup satker sehingga para peserta dapat dengan lancar menjawab soal-soal yang diujikan tersebut.

Para peserta ujian sertifikasi bendahara selesai mengerjakan soal ujian tadi pada pukul 12.00 WIB, tepat sesuai dengan batas waktu pengerjaan ujian. Para peserta ujian sertifikasi bendahara meninggalkan ruang ujian dengan rasa optimis dapat lulus ujian dan memenuhi kualifikasi sebagai Bendahara Negara Tersertifikasi (BNT). Nantinya bagi peserta ujian sertifikasi bendahara yang lulus ujian pada periode III tahun 2019 akan mendapatkan sertifikat bendahara yang merupakan pernyataan tertulis dari pejabat yang berwenang sebagai pengakuan atas karakter, kompetensi, dan kemampuan seseorang untuk menjadi bendahara. Apabila belum lulus, para peserta ujian sertifikasi bendahara tidak perlu berkecil hati karena dapat mengikuti ujian ulang yang akan kembali dilaksanakan oleh KPPN Liwa selaku Unit Penyelenggara Sertifikasi (UPS) pada periode berikutnya. KPPN Liwa selaku Unit Penyelenggara Sertifikasi (UPS) membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi bendahara pengelola APBN pada satker lingkup pembayaran KPPN Liwa untuk mengikuti ujian sertifikasi bendahara periode-periode berikutnya. Mari kita turut sukseskan program sertifikasi bendahara ini. (wahyu)

oleh: Media Center KPPN Liwa

Leave us a Comment